Sabtu, 10 Oktober 2015

INDUSTRI berbasis BUDAYA


Selamat  datang di blog saya. Mungkin pertama saya ingin memperkenalkan siapa saya , selagi ini adalah pengalaman pertama saya menulis blog.
Nama saya Almonti Jourdan Manuputty. Biasa dipanggil Monti atau El . Saya Mahasiswa Universitas Gunadarma. Saya berada di Fakultas Teknologi Industri, jurusan Teknik Industri di kelas 1ID05. Saya disini ingin mencoba menjelaskan mengenai industri berbasis budaya.

MANUSIA DAN BUDAYA


Apakah  anda tahu tentang kedua arti dari kalimat diatas atau keterkaitan antara dua kalimat diatas ?

Apa arti Manusia itu tersendiri ?                                       

Dan apa maksud dari budaya ?

Menurut pendapat saya arti dari Manusia tersendiri adalah makhluk sosial. Dalam arti makhluk hidup yang tentunya harus berkomunikasi dengan orang lain dan membutuhkan bantuan orang lain .Manusia tidak bisa hidup sendiri selamanya. Seperti contoh jika anda sakit,tubuh anda terasa lemas secara tidak langsung anda butuh seseorang membantu anda untuk menyembuhkan anda . Dengan cara pergi ke dokter atau dirawat di rumah oleh sanaksaudara anda ataupun istri/suami anda. Setelah sembuh anda akan bisa melanjutkan aktivitas-aktivitas yang biasa anda lakukan.
             

Dan pendapat saya dengan Budaya adalah ragam adat istiadat dari berbagai macam negara. Ada berbagai budaya di negara tercinta kita ini. Indonesia mempunyai banyak sekali budaya yang menjadi ciri khas, keberanekaragaman budaya indonesia  ini dipengaruhi oleh letak geografis dan etnis, mengingat etnis jawa yang paling dominan baik dari segi luas wilayahnya maupun populasinya sehingga budayanyapun sangat beraneka ragam, mulai dari rumah tempat tinggalnya yang mempunyai ciri khas (Rumah Adat), upacara adat, barang peninggala, kesenian, pakaian, makanan dan lain sebagaianya.
Biasanya budaya Jawa dibedakan menjadi 3 yaitu , budaya Jawa timur,Jawa tengah di Yogyakarta dan Banyumasan. Dari sekian budaya yang ada di Indonesia budaya Jawa merupakan budaya yang banyak di gemari oleh turis dari luar negri. Budaya seperti batik,keris,sastra,tari-tarian,serta jangan lupa wayang kulit khas Jawa.
Itu merupakan contoh dari budaya Jawa yang ada di Indonesia.

Anda pasti tahu bukan ada apa saja seni dan budaya,makanan atau minuman tradisional yang ada di Indonesia ?
Antara lain seperti  jamu dan minuman tradisional, kerajinan tangan, kain tradisional (batik, songket, tenun ikat dan sulam), makanan dan kuliner khas daerah, cara pengobatan tradisional serta seni musik dan tari khas daerah.
Sama halnya dengan manusia,budaya juga butuh berkomunikasi dengan budaya lain dengan cara, kita sebagai bangsa indonesia dapat menumbuhkan rasa sosial,dengan cara janganlah malu oleh budaya yang kita miliki saat ini. Tanamkan lah nilai-nilai Pancasila. Agar dapat memajukan Negara Indonesia.Dari budaya mari kita beralih kedalam bidang Industri.

Sebelumnya apakah anda berpikir maksud pendapat saya diatas mengenai manusia dan budaya ? 

Mengapa saya sebagai seorang Teknik Industri saya menanambahkan arti tersebut dengan nilai-nilai pancasila? 
               

Menurut tribunnews.com “Industri berbasis budaya memiliki potensi untuk bersaing secara ekonomi dengan melibatkan banyak para pelaku usaha. Bidang usaha dari industri berbasis budaya antara lain seperti jamu dan minuman tradisional, kerajinan tangan, kain tradisional (batik, songket, tenun ikat dan sulam), makanan dan kuliner khas daerah, cara pengobatan tradisional serta seni musik dan tari khas daerah.” Hal ini diutarakan Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Tradisional Berbasis Budaya, Putri K Wardani, dalam kesempatan  Rakernas Kadin Indonesia  Bidang  Industri Tradisional  Berbasis Budaya dan Bidang  Industri Kreatif & MICE yang berlangsing  di Hotel Sherato Mustika Yogyakarta mulai tanggal 16 hingga 17 Oktober.


Apakah anda berpikir bahwa negara Indonesia ini kaya akan budaya dan seni yang dapat kita hasilkan secara industri yang biasa dikenal sebagai industri berbasis budaya yang kedepannya akan memberikan dampak pada peningkatan kualitas pembangunan ekonomi Indonesia.

Sebelumnya apakah anda tahu apa arti dari industri berbasis budaya??

Akhirnya anda masuk kedalam topik yang saya ingin coba jelaskan mengenai,

INDUSTRI BERBASIS BUDAYA


Industri menurut saya dari segi kecil adalah cara bagaimana kita mengolah suatu barang mentah yang kedepannya akan menjadi barang berguna dan menguntungakan untuk manusia ataupun makhluk hidup lain.
Jika saya hubungkan dengan pembahasan topik diatas saya dapat menyimpulkan dan memberi contoh bahwa industri budaya memiliki potensi bersaing  secara ekonomi.


        Sebagai contoh jamu(obat tradisional atau minuman tradisional).Siapa yang tidak kenal  dengan jamu di negara Indonesia yang begitu luas ini, hampir semua kalangan dari anak kecil,orang tua,dan andapun pasti tahu apa itu jamu.Jika saya berpikir lagi jamu adalah obat atau minuman tradisional yang berasal dari bahan-bahan tradisional nenek moyang kita yang dapat kita minum walaupun kita sakit ataupun sehat yang biasanya sebagai antibodi tubuh kita.
       Jamu adalah contoh dibidang kesehatan yang dapat kita import,jika kita sebagai penjual/pengusaha jamu yang mungkin akan memberikan dampak pada peningkatan kualitas pembangunan ekonomi Indonesia.

       

Saya beri contoh lain seperti kain tradisional batik . Apa yang anda tidak ketahui tentang batik. Corak nan indah dari berbagai pulau-pulau yang ada di Indonesia ini. Batik merupakan budaya khas atau contoh ikon  dari kain tradisional negara Indonesia kita ini. Seperti biasa anda memakai nya untuk menghadiri acara formal,nikahan ataupun sebagai fashion di masa sekarang. Oleh karena itu,kita sebagai bangsa Idonesia jangan meremehkan batik Indonesia,jangan mau kalah dengan orang-orang luar. Mereka terkagum-kagum melihat batik Indonesia. Merekapun ingin juga memakainya seperti baju sehari-hari.Mereka terpikat dengan batik karena banyak batik yang menampilkan corak bermacam-macam dari berbagai pulau yang ada di Indonesia ini.


Dari bidang kesehatan kita sudah punya jamu, batik adalah contoh dibidang fashion yang dapat dipilih sebagai industry budaya untuk dimport kedepannya. Dari corak batik ini para industri kreatif mungkin bisa memakai ide tersebut juga untuk memberikan dampak pada peningkatan kualitas pembangunan ekonomi di indonesia.

       
 Dapat dicontohkan juga di bidang pariwisata yang ditunjang oleh industri berbasis budaya secara keseluruhan, dapat meningkatkan potensi kedatangan wisatawan ke Indonesia meningkatkan masa tinggal wisatawan dan dengan sendirinya meningkatkan transaksi ekonomi dan nilai budaya itu sendiri.



Menurut tribunnews.com
 Sebelumnya pada tanggal 21 Maret 2013 lalu , Wakil Ketua Umum (WKU) Kamar Dagang Indonesia (Kadin) telah menyelenggrakan Forum Sarasehan Program WKU Kadin Bidang Industri Tradisional Berbasis Budaya yang dihadiri oleh Gubernur DKI, Joko Widodo.  Forum Sarasehan ini mendapatkan dukungan penuh  dari Pemerintah Daerah, Khususnya DKI jakarta dalam mengembangkan potensi ekonomi dengan melibatkan banyak pelaku usaha utama di tingkat UMKM ( Usaha Mikro Kecil Menengah), pelaku di bidang industri berbasis budaya, yang mendukung sektor pariwisata dimana secara keseluruhan dapat meningkatkan kedatangan wisatawan ke Indonesia serta menambah  transaksi ekonomi dan nilai budaya itu sendiri.



Industri berbasis budaya merupakan industri yang berfungsi sebagai tameng identitas bangsa.Kita sebagai bangsa Indonesia harus mendukung program UMKM tersebut agar kedepan  kualitas pebangunan ekonomi bangsa Indonesia meningkat.
MAJU UNTUK INDUSTRI BERBASIS BUDAYA!

Mungkin cukup sekian dari blog yang saya tulis kali ini, semoga ini menjadi topik yang bermanfaat. Mohon maaf apabila ada kekurangan dalam tulisan saya ataupun kesalahan,karena manusia tidak ada yang sempurna dan kesempurnaan hanya milik ALLAH.SWT .Terima kasih telah menyempatkan waktu membaca blog saya.:)




Sumber: http://www.tribunnews.com/regional/2013/10/16/industri-berbasis-budaya-memiliki-potensi-untuk-bersaing-secara-ekonomi

http://www.budayaindonesia.net/2013/07/budaya-jawa.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar