Sabtu, 09 April 2016

KAITAN FILM "AN INCONVIENT TRUTH" DENGAN ILMU SOSIAL DASAR

Hai bertemu lagi nih, kali ini saya akan menjelaskan mengenai kaitan dari film "An Inconvient Truth" yang saya post sebelumnya dengan mata kuliah saya kali ini yaitu ilmu sosial dasar. Sebelum memulainya, saya ingin menjelaskan apa sih yang dimaksud sosial dasar ?

Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari/menelaah tentang masalah-masalah sosial di dalam sebuah masyarakat yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang diekembangkan untuk mengkaji masalah manusia .


Diatas adalah perngertian dari apa itu ilmu sosial dasar untuk menyelesaikan apa saja sih kaitannya film tersebut dengan faktor dalam ilmu sosial dasar ? mari kita lanjut kembali .

Mungkin dari beberapa faktor yang ada dalam ilmu sosial dasar saya hanya mengambil 3 faktor yang cocok kaitannya untuk film ini.

Pertama 

Faktor penduduk 

Dari faktor ini saya dapat meyimpulkan kaitannya dalam film tersebut adalah jika dimanapun kita tinggal, dinegara manapun dibelahan dunia ini pertumbuhan penduduk merupakan suatu masalah yang cukup rumit diselesaikan oleh para petinggi negara . Dalam film tersebut dikatakan pertumbahan penduduk yang sangat ekstrim dapat menimbulkan global warming dikarenakan CO2 yang bertambah disuatu negara atau wilayah tertentu , sehingga menimbulkan kekurangan O2 karena jumlah penduduk yang ekstrim . Itu merupakan salah satu contoh dari kekurangan O2 belum lagi lahan yang tidak mencukupi untuk tempat tinggal maupun lahan untuk lahan pekerjaan , sehingga kita memakai lahan hijau untuk menambahkan lahan tempat tinggal ataupun pekerjaan . Akibatnya O2 di bumi kita tercinta ini berkurang karena tidak ada lagi lahan hijau . Dan lagi lapisan ozon kita pun berkurang dikarenakan CO2 yang menumpuk sehingga membuat bumi kita tinggal suhu nya menaik setiap tahunnya . 

Kedua 

Faktor Sosialisasi 

Dari faktor ini saya dapat menyimpulkan kaitannya dalam film tersebut adalah penting jika tidak ada nya sosialisasi tidak akan ada bahasa untuk menungkapkan perasaan yang ingin kita ungkapkan. Dengan ada nya film doukumenter tersebut Al gore termasuk salah satu orang yang bersosialisasi dengan masyrakat melalui presentasi yang mengagumkan di depan seluruh masyarakat yang menonton. Secara tidak sengaja para penonton tergerak hatinya untuk melakukan hal baik untuk mengatasi global warming secara individu maupun global. Tanpa film doukumenter ini kita tidak akan tahu bagaimana dunia kita selanjutnya apakah menjadi lebih banyak lahan hijau dengan air yang bersih berlimpah tanpa polusi atau sebaliknya. 

ketiga 

Faktor Ilmu Pengetahuan 

Dari faktor ini saya dapat menyimpulkan kembali kaitannya dengan film tersebut dibalik suatu permasalahan selalu ada solusi untuk menylesaikannya akan tetapi bagaimana caranya? disitulah bagaimana kita sebagai manusia yang memiiliki akal dapat menyelesaikannya . Seiring berjalannya waktu ilmu kita semakin bertambah sebagai mestinya, didalam film tersebut disebutkan banyak cara bagaimana kita sebagai manusia dapat melawan global warming . Seperti contoh kita dapat membuat mobil tenagaa surya ataupun listrik sehingga kita tidak harus memakai BBM kembali , AC bertenaga matahari, floating city dan masih banyak lagi . Dengan kita memiliki ilmu pengetahuan yang cukup kita dapat mengurangi global warming.




SUMBER : 

http://prabowo-womanizer.blogspot.co.id/2012/10/pengertian-ilmu-sosial-dasar.html





Tidak ada komentar:

Posting Komentar