Analisis mengenai kenaikan tarif KAI commuter
JABODETABEK dengan kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan KAI commuter JABODETABEK
1.
Latar Belakang
KAI commuter Jabodetabek adalah kereta api
listrik massa yang ada di Indonesia khususnya daerah JABODETABEK yang telah
membantu para penumpang untuk memenuhi kebutuhannya dalam hal transportasi darat.
Kereta yang digunakan oleh KAI commuter
ini merupakan kereta bekas pakai Jepang, yang pada masa nya digunakan untuk
kereta bawah tanah atau subway train. KAI commuter
ini terdapat banyak jurusan seperti jurusan Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan
Bekasi.
KAI commuter juga memiliki fasilitas yang
memadai seperti AC, kipas angin, pintu terbuka otomatis, pegangan untuk
penumpang yang berdiri, spekar pemberitahuan, deretan bangku busa dilapisi
bahan yang lembut, didalam krl terdapat juga tempat duduk prioritas yang
dikhususkan untuk manula, ibu hamil dan penyandang disabilitas sehingga memudahkan
para penumpang tersebut untuk mendapatkan tempat duduk.
Penulis
ingin mengangkat topik ini dikarenakan ada kenaikan biaya tarif tiket KAI commuter yang dimulai pada 1 Oktober
2016. Apakah dengan kenaikan tarif tiket KAI commuter akan meningkatan fasilitas dan kualitas yang sekarang. Metode
yang tepat dalam pelaksanaan penulisan ini adalah dengan metode survey. Dengan metode survey akan memudahkan penulis
mendapatkan hasil yang lebih akurat.
Dengan
adanya tarif kenaikan KAI commuter dapat
membuat kualitas pelayanan yang meningkat, seperti meningkatkan perawatan fasilitas yang
sudah ada, kebersihan di dalam kereta dan di stasiun, serta fasilitas-fasilitas
lainnya.
2.
Perumusan Masalah
Dengan
latar belakang tersebut dapat disimpulkan sejauh mana masalah mengenai kenaikan
tarif KAI commuter dengan kualitas pelayanan yang disediakan oleh PT.KCJ.
Berdasarkan latar belakang
berikut adapun rumusan masalah sebagai berikut :
- Apa yang menyebabkan terjadinya kenaikan tarif KAI commuter?
- Berapa jumlah kenaikan tarif KAI commuter?
- Apa dampak dari kenaikan tarif KAI commuter?
- Bagaimana kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan KAI commuter?
- Bagaimana sosialisasi kepada pelanggan KAI commuter?
3. Tujuan
Tujuan utama dalam penulisan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kenaikan tarif KAI commuter dengan kualitas pelayanan dari KAI commuter.
Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah adapun tujuan sebagai berikut :
1. Mengetahui penyebab terjadinya kenaikan tarif KAI commuter.
2. Mengetahui berapa jumlah kenaikan tarif KAI commuter.
3. Mengetahui apa saja dampak dari kenaikan tarif KAI commuter.
4. Mengetahui kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan KAI commuter.
5. Mengetahui bagaimana sosialisasi kepada pelanggan KAI commuter.
4. Batasan Peneltian
Untuk mempermudah dalam memahami penulisan proposal ini, penulis membatasi penulisan melelaui batasan penelitian ini yaitu bagaimana kepuasan konsumen terhadap kenaikan tarif KAI commuter dengan kualitas pelayanan PT.KCJ
Untuk membantu penulis menyelesaikan proposal ini, penulis memakai software Microsoft Word untuk melakukan pengetikan serta melakukan survey melalui internet untuk mendapatkan bahan-bahan untuk diteliti. Penulis mendapatkan bahan melalui situs-situs berita yang ada di Indonesia
untuk bahan tambahan.
Untuk mengetahui batasan penelitian ini penulis, membatasi penlitian dengan mengambil data
sebagai berikut :
- Tempat : Stasiun Bogor
- Jangka waktu : Oktober 2016 - November 2016
Tidak ada komentar:
Posting Komentar